Analisis skripsi : “Studi Kasus Gerakan Mahasiswa di Surakarta Tahun 1989-1998

Analisis skripsi :
“Studi Kasus Gerakan Mahasiswa di Surakarta Tahun 1989-1998”
oleh: Kelik Ismunandar
Fakultas Sastra dan Seni Rupa
Universitas Sebelas Maret
Surakarta

Analisis skripsi yang saya kaji mengenai Gerakan Mahasiswa di Surakarta Tahun 1989-1998. Dalam skripsi yang saya kaji ini saya menemukan beberapa hal sebagai berikut :
1. Pada bagian Abstrak, tidak terdapat kesalahan. Penulis dapat menceritakan secara jelas tetapi ringkas mengenai isi dari skripsi yang dibuatnya tersebut dalam abstrak.
2. Bab I, terdapat kesalahan pada penulisan halaman. Seharusnya pada permulaan bab halaman letaknya di tengah bawah sedangkan pada skripsi ini dari permulaan bab hingga halaman berikutnya letak halaman di kanan atas.
3. Dalam latar belakang masalah, penulis terlalu terbelit-belit dalam menjelaskan alasan mengapa penulis memilih tema tersebut untuk dikaji.
4. Dalam perumusan masalah, penulis juga terlalu terbelit-belit dalam memaparkan masalah apa saja yang menjadi fokus penelitiannyaa.
5. Tujuan Penelitian, seharusnya mengenai pembahasan pada permasalahan yang di kaji oleh penulis tidak diluar dari rumusan masalah yang sudah dipilih oleh penulis sendiri.
6. Manfaat Penelitian, pada bagian ini penulis menuliskan manfaat yang berusaha diberikan penulis untuk pembaca baik sebagai penambah wawasan atau pun untuk membantu memberikan informasi mengenai masalah yang berkaitan.
7. Tinjauan pustaka, penulis sudah cukup baik dalam menyebutkan sumber-sumber buku apa saja yang dia gunakan beserta penjelasan dari tiap-tiap buku tersebut.
8. Bab II, pada bagian ini tidak banyak terdapat kesalahan hanya terdapat beberapa kata-kata yang salah dalam pengetikannya.
9. Bab III, berisi tentang pembahasan mengenai format gerakan mahasiswa tahun 1966, 1970-an, 1980-an dan tahun 1990-an serta gambaran umum mengenai situasi pada saat itu.
10. Pada Bab IV, berisi tentang strategi dari gerakan mahasiswa tahun 1989-1998 yang dimulai dari kelahiran IMS sampai pada turunnya Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998. Pada bab ini juga tidak terdapat kesalahan penulisan atau pun bahasa.
11. Bab V, bab ini berisi kesimpulan. Dalam hal ini penulis memberikan kesimpulan yang sangat mudah dipahami oleh para pembaca dan hanya terdapat sedikit kesalahan yaitu pada bab V tidak ada nomor halaman dan juga kesalahan pada pengetikan. Sementara untuk isinya atau kesimpulan telah mencakup semua materi yang penulis jelaskan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s