Zaman kerajaan – kerajaan di India Utara , Deccan dan India Selatan. (sampai kurang lebih 1200).

Di India Tengah dan Selatan kebudayaan Hindu terus berkembang , setelah India Utara dan Hindustan dikuasai oleh raja – raja Islam yang datang dari Persia dan Asia Tengah.Diantara kerajaan – kerajaan di India Tengah yang amat kuat ialah kerajaan Chalukya sampai tahun 1190.Kebudayaan dikerajaan itu dizaman Harsha sudah tinggi derajatnya , misalnya lukisan – lukisan yang terdapat dalam gua – gua dilembah Ajanta.dan dinamai Kebudayaan Zaman Ajanta.
Kerajaan yang besar juga dikuasainya diabad ke 8 ialah Rashtrakuta , dipahat di dalam gunung batu dekat Ellora , didaerah Hydrabad sekarang. Dari kebudayaan dizaman itu nampaklah kemunduran agama Buddha , sedang agama Hindu bertambah maju.Deccan dan India Selatan yaitu Bangsa Dravida , sudah mempunyai kebudayaan dan agama sendiri , sebelum bangsa Arya datang dari Utara.
Kemudian agama Buddha juga ditanam oleh Asoka di daerah itu. Dari percampuran agama Brahma , Buddha dan kepercayaan asli , terjadilah lambat laun agama rakyat semata mata , yang dinamai agama Hindu.Semenjak lama India Selatan menjadi impian raja – raja disebelah utara , yang hendak menakklukan daerah itu. Negeri itu namanya Tamilakam ( dalam kitab – kitab orang Yunani : Damirike ) dan terbagi atas 3 kerajaan : Pandya , Chola dan Kerala atau Chera.
Kitab – kitab bahasa Tamil sampai sekarang banyak yang tersimpan , didalamnya terdapat syai – syair dan lakon – lakon (drama).Kemudian mulai dari abad ke 4 sampai abad ke 8 terdengarlah kemasyuran kerajaan Pallava yang menakklukan kerajaan – kerajaan tiga – tiganya dan memerangi kerajaan Chalukya di India Tengah juga.
Suku Pallava itu mula – mula bersifat pengembara dan tak mau mendiami tempat yang tetap. Diabad ke 4 kerajaan Pallava sudah tersebut namanya yaitu pusat kota Kanchi. Raja – raja yang masyur ialah Mahendravarman (600-625) dan Narasinhavarman (625-645) keduanya mendirikan candi – candi yang indah tempat memuja Vishnu dan Siva.
Kemudian kuasa raja –raja Pallava berkurang , sebab terus menerus berperang dengan Chalukya. Dengan surutnya kerajaan Pallava mulailah kerajaan Chola timbul sekali lagi. Kerajaan Chola itu mempunyai daerah yang melingkungi Sailan , Pegu , Martaban di Birma dan kepulauan Andaman. Candi yang amat masyur dan masih ada sekarang di Tanjore didirikan atas titah raja Rajarajadeva.

Sebagian dari kerajaan Chola bernama Kalingga. Dalam nama ini tersimpan perkataan keeling. Dari India Utara datang terutama golongan yang hendak menyebarkan agama Buddha. Mereka itu dididik lebih dahulu dikota Kanchi , yang masyur namanya sebagai suatu pusat perguruan luhur , sebelum berangkat ke Indonesia. Jadi teranglah pada asalnya kebudayaan Hindu di Indonesia berdasarkan kebudayaan India Selatan dari abad – abad permulaan Tarich Masehi. Lama kelamaan dasar – dasar Hindu itu makin kabur , sedang corak asli bertambah terang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s